|| SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA SEPIT KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT || PENDAFTARAN LAYANAN MANDIRI DILAKSANAKAN DIHARI DAN JAM KERJA DENGAN MEMBAWA FOTOCOPY IDENTITAS (KTP ATAU KK) SEBAGAI SYARAT UTAMA || TETAP WASPADA PENULARAN VIRUS CORONA DENGAN TIDAK MELAKUKAN KONTAK LANGSUNG DENGAN PENDERITA, JAGA KONDISI FISIK AGAR TIDAK MUDAK TERTULAR VIRUS CORONA, SELALU GUNAKAN MASKER DILUAR RUMAH DAN TETAP MENERAPKAN STANDAR KESEHATAN YAKNI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SESUAI DENGAN HIMBAUAN PEMERINTAH || SEBAGAI MEDIA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DESA SEPIT MEMBENTUK BID (BADAN INFORMASI DESA) "PINTAR" SEKALIGUS SEBAGAI WADAH PARA PEMUDA YANG GEMAR MENULIS MENUANGKAN BAKATNYA || || GIAT VAKSINASI COVID-19 BESOK PAGI DI DUA LOKASI : AULA KANTOR DESA SEPIT DAN DI HALAMAN MADRASAH ALIYAH NW AL-AMIN SEPIT ||

Artikel

Momen HUT RI ke-77, Ratusan Perempuan Deklarasi Stop Kekerasan Seksual di Bukit Kayangan

18 Agustus 2022 07:18:47  BID PINTAR DESA SEPIT  117 Kali Dibaca  Berita Desa Sepit

Keterangan Gambar : Ratusan Perempuan berfoto berlatar bendera raksasa sesaat setelah Pelaksanaan Apel Bendera di Bukit Kayangan Labuhan Haji, (17-8-2022)

 

Pewarta: Muhammad Sulhan Hadi
Editor: Muhammad Hardi Putrawan

Labuhan Lombok, (desasepit.web.id) - Beragam cara masyarakat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, Perayaan yang dilakukan juga tergantung dari cara mereka memaknai dan merefleksikan kemerdekaan itu. 

Hal itu juga yang dilakukan oleh ratusan perempuan dari berbagai sekolah perempuan di Lombok. Mereka menggelar apel kemerdekaan di Bukit Kayangan, Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, pada 17 Agustus 2022. Moment itu juga mereka manfaatkan untuk mendeklarasikan untuk stop pada kekerasan seksual.

Dalam kesempatan itu, ratusan perempuan dari 11 sekolah perempuan menyuarakan untuk mengawal implementasi Undang-Undang (UU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual melalui pembentukan aturan pelaksanaannya agar dapat diterapkan di seluruh Wilayah Indonesia. Mereka juga berharap semua desa memiliki Peraturan Desa (Perdes) tentang pencegahan perkawinan anak. 

Adapun 11 desa sekolah perempuan itu adalah Desa Sepit, Desa Ketapang Raya, Desa Montong Betok, Desa Seruni Mumbul, Desa Rarang Selatan, Desa Aik Dewa, Desa Denggen Timur, Desa Kali Bambang, Desa Loyok, Desa Perian, Desa Labuhan Lombok, dan Desa Bayan dari Kabupaten Lombok Utara. 

Untuk diketahui, perayaan HUT RI ke-77 di Bukit Kayangan itu diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Kabupaten Lombok Timur atas kerjasama bilateral antara Indonesia-Australia. Kegiatan itu sebagai wujud tonggak gerakan perempuan dan untuk mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Lombok Timur. 

Perayaan HUT RI itu diisi dengan Apel Kemerdekaan, Kepala Desa Labuhan Lombok Hj. Siti Zaenab yang bertindak selaku Inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa kemerdekaan RI merupakan momen penting bagi setiap warga negara. 

"Hari ini, di Bukit Kayangan kita rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 bersama dengan Gerakan Gender Watch, Sekolah Perempuan, CSR-BRI, dan Pemdes Labuhan Lombok," terangnya. 

Pada egiatan Apel Bendera itu dilakukan pembentangan bendera merah putih berukuran besar atau raksasa. Setelah itu dirangkaikan dengan beberapa kegiatan seperti senam stop kekerasan perempuan, penanaman pohon, cerdas cermat perempuan dan lain-lain.

WhatsApp Image 2022-08-17 at 09-44-02  Peserta Sekolah Perempuan dari 11 desa dikelompokkan untuk di adu dalam ajang Lomba Cerdas Cermat bersama dewan juri dari LPSDM di Bukit Kayangan Labuhan Haji, 17-8-2022 (dok.pribadi)

Selain itu juga, ada beberapa tagline yang dikampanyekan seperti, mari bersama-sama stop perkawinan anak, pelaminan bukan tempat bermain anak, merdeka itu bebas dari kekerasan seksual, stop kekerasan perempuan, wujudkan Indonesia bebas kekerasan seksual, Sekolah Yes, nikah muda No, Stop kekerasan dan pelecehan seksual, kami berhak disekolahkan bukan dinikahkan, Nikah ??? ntar dulu mau sekolah dulu.

Kegiatan Sekolah Perempuan sendiri diprogramkan berdasarkan Undangan- undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual Nomor : 12 Tahun 2022 dan Undang-Undang Perkawinan Nomor : 16 Tahun 2019.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


INFO LOKAL DESA SEPIT

SAMPAIKAN KRITIK DAN SARAN DISINI

Kami Menerima Keritik dan Saran dari Masyarakat Desa Sepit, Silahkan Kirimkan Kritik serta Saran Anda dengan menekan Tombol dibawah ini :

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Peta Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jalan TGH. Ali Batu Sepit Desa Sepit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur
Desa : Sepit
Kecamatan : Keruak
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83672
Telepon : 081917942952
Email : pemdessepit@gmail.com

BERITA DALAM VIDEO

Layanan Via Whatsapp

Pemerintah Desa Sepit mulai Tahun 2020 melayani Permohonan Surat Menyurat Secara Online untuk Warga Desa Sepit dengan memanfaatkan Whatsapp. Persyaratan Permohonan dengan melampirkan:
1. Nama Pemohon
2. Jenis Surat
3. Keperluan
4. Fotocopy Kartu Keluarga

Agus Adhariadi
Muhammad Sulhan Hadi
Darmawan
Jihadul Wathoni
Catatan : Pelayanan Di Hari dan Jam Kerja dari Senin Sampai Jum'at.
Powered By : ARKA COMPUTERS

Sinergi Program

DISDUKCAPIL Selaparang Tv KOMINFO
RADAR PRODESKEL PEMDALOTIM
ARKACOMPUTER
CETAK KARTU KELUARGA
BID PINTAR

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:386
    Kemarin:1.319
    Total Pengunjung:789.562
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.208.187.128
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel